Menu Tutup

Pentingnya penggunaan Semen Mortar

        Semen Mortar? Istilah ini sudah tidak asing lagi di dunia konstruksi dan juga masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan saat ini. Karena semen mortar sudah banyak digunakan untuk keperluan membangun maupun merenovasi rumah maupun gedung. Semen mortar banyak dipilih untuk pengerjaan gedung bertingkat dan juga bangunan modern seperti rumah minimalis karena penggunaannya yang praktis, dan juga semen mortar memiliki daya rekat yang baik  dan daya tahan yang lebih lama dibandingkan semen konvensional. Selain itu, untuk penggunaannya, semen mortar tidak memerlukan campuran pasir lagi karena di dalam semen mortar sudah terdapat kandungan pasir yang sudah diformulasikan khusus dengan zat aditif dan bahan campuran semen mortar lainnya sehingga dapat mempercepat pemasangan dan meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan. Penggunaan semen mortar juga semakin diminati seiring dengan hadirnya bata ringan sebagai pengganti bata merah. Penggunaan bata ringan sebagai material dinding membutuhkan perekat instan khusus untuk bata ringan, karena inilah semen mortar perekat bata ringan mulai dikenal bersamaan dengan bata ringan. Tetapi jenis semen mortar yang ada sebenarnya bukan hanya untuk perekat bata ringan saja, melainkan ada 4 jenis semen mortar yang sering digunakan dalam kebutuhan konstruksi sehari hari diantaranya yaitu Semen Mortar untuk perekat bata ringan, Semen mortar untuk plesteran dinding, Semen Mortar untuk Acian, dan semen mortar untuk pemasangan keramik.

        Penggunaan semen mortar untuk bata ringan sangat praktis dan juga sangat ekonomis, karena untuk 1zak semen mortar perekat bata ringan dengan kemasan 40kg dapat digunakan untuk kurang lebih 1m3 pasangan dinding, jika menggunakan semen mortar kemasan 50kg, maka dapat digunakan untuk lebih dari 1m3 bata ringan. Lain halnya dengan semen mortar perekat bata ringan yang khusus digunakan hanya untuk bata ringan saja, Semen mortar yang digunakan sebagai plesteran dinding tidak hanya dapat digunakan untuk plesteran dinding bata ringan saja, namun dapat juga digunakan untuk plesteran dinding bata merah maupun batako. Fungsi umum pada plesteran dinding yaitu untuk menutup dinding pasangan bata agar terlihat lebih halus. Untuk penggunaannya, plesteran dinding dengan kemasan 50kg dapat digunakan untuk 2,5 sampai 3 meter persegi. Hampir sama halnya dengan plesteran dinding, Acian dinding berfungsi untuk lebih menghaluskan lagi permukaan dinding agar terlihat lebih halus. Keuntungan jika menggunakan semen mortar sebagai acian dinding yaitu permukaan yang didapatkan akan lebih halus dan juga warna dari acian tersebut lebih putih. Untuk penggunaannya, acian dinding dengan kemasan 40kg dapat digunakan untuk kurang lebih 14 meter persegi. Untuk pemasangan keramik, semen mortar yang digunakan sebagai perekat keramik sudah diformulasikan lebih kuat untuk merekatkan pasangan keramik. Dengan menggunakan semen mortar, maka dapat meminimalisir rusaknya keramik karena mudah terlepas atau terangkat karena panas (popping). Untuk penggunaannya, mortar perekat keramik dengan kemasan 50kg dapat digunakan untuk luasan kurang lebih 8 meter persegi.

Jadi, jika menggunakan semen mortar untuk pekerjaan konstruksi banyak keuntungan yang akan  didapatkan. Diantaranya yaitu :

  • Mudah dan praktis penggunaannya,
  • Lebih efisien dari segi waktu dan biaya,
  • Kualitas dan konsistensi lebih terjamin,
  • Memiliki daya rekat yang lebih baik
  • Lebih kuat dan tahan lama

Sebenarnya masih banyak semen mortar dengan kegunaan yang lain, namun yang sering digunakan dan sangat mudah didapatkan yaitu 4 jenis yang sudah disebutkan tadi. Bagi sebagian orang mungkin menganggap harga dari semen mortar tergolong mahal. Namun jika melihat dari kemudahan yang didapatkan dan juga dari kualitas yang didapatkan maka semen mortar menjadi pilihan yang cerdas bagi anda yang menginginkan bangunan yang berdiri kokoh dan memiliki daya tahan yang lama. Karena saat ini banyak pembangunan gedung bertingkat yang rata – rata para pemiliknya menginginkan bangunan tersebut dibangun dalam jangka waktu yang sesingkat mungkin, namun tetap memperhatikan kualitas dari material yang digunakan. Nah, menggunakan semen mortar sebagai material pembangunan menjadi solusi paling tepat. Terdapat berbagai merk dari masing – masing jenis semen mortar dan juga harga yang berbeda – beda. Harga dari semen mortar sendiri sebenarnya bisa dibilang cukup terjangkau, sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Berikut daftar merk dan jenis semen mortar beserta harganya :

Perekat bata ringan :

Uzin TB20 @50kg : Rp 75.000 /zak
MU 380 @40kg : Rp 110.000 /zak
Drymix TB100 @40kg : Rp 75.000 /zak

Plesteran dinding :

Uzin Plester @50kg : Rp 50.000 /zak
MU 301 @40kg : Rp 75.000 /zak
Drymix D200 @40kg : Rp Rp 62.000 /zak

Acian Dinding :

Uzin SC75 @40kg : Rp 72.000 /zak
MU 200 @40kg : Rp 125.000 /zak
Drymix S100 @30kg : Rp 85.000 /zak

Untuk mendapatkan semen mortar, anda tidak perlu khawatir karena kami PT. Tiga Mitra Surabaya selaku distributor resmi material bangunan menyediakan berbagai merk semen mortar dan melayani pengiriman ke dalam kota, ke luar kota maupun ke luar pulau. Jika anda masih bingung mengenai estimasi kebutuhannya, anda dapat berkonsultasi dan bertanya kepada CS kami di nomor hotline kami.

Untuk INFO dan PEMESANAN :

Bisa datang langsung ke Kantor kami di
PT. Tiga Mitra Surabaya
Jl. Raya Klakahrejo, Ruko TCBD-TR. 1/11 Benowo – Surabaya 60198.


Atau order secara online melalui :
Telp     : (031) 51160405
HP/WA : Telkomsel (081231313222 – 085100398222 – 085331398222
               XL (087852574222)
               Indosat (085778298222)
Email   : customerservice@tigamitra.com  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *